Selasa, 11 Juni 2013

Macam-macam jaringan Komputer

Jaringan Komputer dibedakan menjadi 2 macam yaitu:
A. Dari Segi Area
  1. LAN (Local Area Network)
  2. MAN (Metropolitan Area Network)
  3. WAN (Wide Area Network)
B. Dari Segi Sifat
  1. Jaringan Internet
  2. Jaringan Wireless


LAN (Local Area network)
Merupakan jaringan komputer dimana hanya mencakup satu wilayah kecil. seperti jaringan komputer kampus, gedung perkantoran, Rumah atau sekolah.
LAN (LOCAL AREA NETWORK)
MAN (Metropolitan Area Network)
Adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN berkisar antara 10 hingga 50 Km. MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota, antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berbeda dalam jangkauannya.
MAN (METROPOLITAN AREA NETWORK)
WAN (Wide Area Network)
Merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar, sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan yang lainnya, sehingga pengguna komputer dilokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer di lokasi yang lain.
WAN (WIDE AREA NETWORK)
Jaringan Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda. orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. keinginan seperti ini memerlukan hubungan atar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. kumpulan jaringan yang terkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
Jaringan Internet


Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)
merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan menggunakan kabel. misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel sangat diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat didalam mobil atau pesawat.
Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel,
jaringan wireless


0 komentar:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers