Senin, 27 Juni 2011

Ambil Data dari Hardisk Rusak / Get Data from Error Damage Hardisk


Harddisk berisi kepentingan magnetik yang dapat menyimpan data digital. Kerusakan yang sering terjadi adalah menghapus file, memformat, dan menghapus partisi secara tidak sengaja. Masalah timbul ketika data penting yang kita simpan hilang. Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan data pada harddisk yang rusak adalah :
  1. Jika Anda secara tidak sengaja menghapus sebuah partisi dalam harddisk, maka biarkanlah harddisk itu apa adanya. Harddisk tidak pernah “menghapus” data atau partisi. Yang sebenarnya terjadi adalah harddisk menandai tempat data atau partisi sebagai tempat kosong, padahal sebenarnya tidak ! Data atau partisi masih ada disana, hanya saja tidak dapat dibaca oleh operating system, karena sudah ditandai “kosong”.
  2. Jangan menyimpan atau menulis apapun ke harddisk tersebut, karena harddisk akan menyimpan data baru ke tempat “kosong” tadi, sehingga benar-benar akan menghilangkan data atau partisi Anda. Untuk menjamin operating system tidak akan menulis apapun dalam harddisk tersebut, pindahkanlah harddisk ke komputer lain sebagai slave drive.
  3. Jika memungkinkan gunakan jasa recovery data professional yang tersedia.
  4. Jika tidak ingin menggunakan jasa recovery data professional, Anda bisa menggunakan File Recovery Programs untuk mencoba membaca data atau partisi yang hilang. Beberapa program recovery file yang dapat digunakan adalah “Winternals Disk Commander” dan “ERD Commander” atau “Handy Recovery”
  5. Jangan pernah mencoba membuka harddisk secara fisik. Debu dan partikel dari luar dapat merusak harddisk secara fisik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers