Jumat, 08 Juli 2011

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mulai Total di Bisnis Internet?


Bagi pebisnis internet yang masih rangkap jabatan dengan pekerjaannya di dunia nyata, mungkin satu pertanyaan yang sering terlintas adalah, kapan saat yang tepat untuk beralih secara total kebisnis internet? Atau, perlukah untuk total berpindah ke bisnis internet? Bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan, beban pertanyaan tersebut tidak seberat mereka yang sudah memiliki penghasilan mapan dari pekerjaan ‘resminya’. Lalu bagaimana cara menjawabnya?
Untuk menjawabnya, kita perlu tahu dulu untung ruginya bekerja di dunia maya.
Keuntungannya:
  • Waktu bekerja bebas, bisa bekerja kapan saja dan dimana saja
  • Potensi penghasilan tidak terbatas
  • Pengeluaran atau modal relatif kecil
  • Bisa lebih dekat dengan keluarga atau orang-orang yang disayang
Kerugiannya:
  • Butuh disiplin diri, bandingkan dengan bekerja kantoran yang jam kerjanya sudah ditentukan sehingga mau tidak mau pasti harus bekerja
  • Butuh modal, bandingkan dengan bekerja kantoran yang praktis kita hanya butuh modal untuk pakaian saja (karena biaya transportasi dan makan sudah ditanggung dalam gaji bulanan)
  • Ada kemungkinan tidak mendapat penghasilan atau rugi, bandingkan dengan bekerja kantoran yang kita pasti mendapat gaji (selama tidak dipecat, hehehe)
Pada dasarnya, kepastian kapan kita harus total di dalam bisnis internet dan melepaskan pekerjaan kita di dunia nyata sebenarnya tergantung dari kesiapan diri kita sendiri. Bahkan sebenarnya, jika ada memiliki manajemen waktu yang baik dalam berbisnis internet, Anda tidak perlu untuk mengundurkan diri dari pekerjaan offline Anda. Kenapa? Karena parameter sesungguhnya dari kesuksesan di bisnis internet bukanlah dari jumlah penghasilan yang Anda raup per bulannya, melainkan dari jumlah waktu yang Anda habiskan untuk dapat menghasilkan penghasilan tersebut (baca artikel Menghitung Nilai Jual Anda di PanduanDasar.Com).
Bisnis internet adalah satu dari sedikit bisnis di dunia yang memberikan Anda kesempatan untuk bisa menghasilkan uang TANPA harus bekerja SENDIRI. Perhatikan baik-baik kata yang berhuruf kapital ya. ‘Tanpa Harus Bekerja Sendiri’ bukan berarti tidak bekerja dan Anda hanya ongkang-ongkang kaki di rumah loh. Dengan demikian, ada kemungkinan dimana bisnis internet Anda berjalan dengan lancar tanpa harus meninggalkan pekerjaan Anda di dunia nyata.
Namun, jika Anda memang sudah bertekad untuk full-time di dunia maya, berikut ini persyaratan awal yang sebaiknya terpenuhi terlebih dahulu sebelum surat tanda mengundurkan diri Anda serahkan ke meja bos Anda:
  1. Pastikan Anda memiliki persediaan tabungan yang cukup, baik untuk modal bisnis internet yang akan Anda jalani maupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari setidaknya untuk 6-9 bulan ke depan.
  2. Pastikan setidaknya Anda sudah memiliki penghasilan yang STABIL dari bisnis internet, yang jumlahnya paling tidak cukup untuk biaya hidup sehari-hari dan modal bisnis internet yang harus dikeluarkan tiap bulan.
  3. Pastikan Anda sudah terbiasa untuk bekerja sendiri dan memiliki tingkat disiplin yang tinggi. Tidak semua orang bisa bekerja tanpa tekanan loh.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers