Sabtu, 09 Juli 2011

Tips - tips Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

Sudah tidak diragukan lagi bahwa banyak sekali pelajar di Indonesia yang sangat menginginkan beasiswa keluar negri. Umumnya beasiswa yang ditargetkan adalah beasiswa S-1, S-2 maupun S-3. Tingginya tingkat keinginan pelajar di Indonesia untuk mendapatkan beasiswa adalah karena beberapa factor, diantaranya:
1. Besarnya biaya kuliah baik dalam negri dan apalagi biaya kuliah luar negri.
2. Sistem pendidikan di dalam negri yang masih diragukan kualitasnya mendorong pelajar – pelajar Indonesia untuk memilih terbang kuliah keluar negri.
3. Selain mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat, pelajar termotivasi untuk jalan – jalan dan mengenali budaya Negara lain.
4. Pengalaman diluar negri dapat memberikan pengalman berharga tersendiri untuk pelajar.
5. Biasanya pelajar lulusan kuliah di luar negri lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena dianggap memiliki keahlian yang lebih.
6. Dapat meningkatkan keahlian dalam berbahasa asing.

Namun kadangkala pelajar beranggapan bahwa mendapatkan beasiswa sungguh merupakan sesuatu yang berat. Sehingga membutuhkan perjuangan dan factor keberuntungan. Mungkin ada benarnya juga, tetapi senadainya kita mengetahui tips atau kunci dalam merebut beasiswa, beasiswa tersebut akan mudah diraih.

Berikut tips – tips dalam memenangkan beasiswa yang dapat dipersiapkan jauh hari sebelumnya:
1. Tingkatkan kontribusi kita dalam kegiatan – kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Karena umumnya, pemberi beasiswa megutamakan orang – orang yang aktif dalam kegiatan sosial atau kemanusiaan. Cobalah ikuti kegiatan pramuka, paskibra, palang merah Indonesia dan lembaga sosial lainnya.
2. Rajin – rajinlah menulis artikel, jurnal ataupun tulisan bebas yang menginspirasikan ide dan pengetahuan kita. Usahakan agar tulisan tersebut membahas mengenai ide – ide untuk memajukan bangsa ini dan memberikan solusi pemecahan masalah atas semua masalah bangsa sekarang. Jika tulisan tersebut berhasil dimuat di harian Koran, atau majalah, atau internet, ini akan menjadi nilai tambah untuk mendapatkan beasiswa.
3. Ingkatkan kemamuan leadership, melalui aktif dalam kegiatan – kegiatan capacity building, seperti seminar, training atau outbond. Di era sekarang, banyak sekali program beasiswa dikhususkan untuk peningkatan leadership.
4. Aftifkan diri dalam kegiatan organisasi. Jika kita mempunyai pengalaman yang cukup panjang dan pernah menduduki posisi dengan tanggung jawab besar akan memberi peluang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa.
5. Sering – seringlah mencari informasi tentang beasiswa di internet, kampus ataupun di media lainnya.

Berikut beberapa contoh website beasiswa yang memberikan informasi beasiswa diluar negri: http://scholarship-positions.com/
http://www.studiesinaustralia.com/
http://www.european-master.com/
http://www4.rgu.ac.uk/abs/postgraduate/
http://scholarship-positions.com/category/canada-graduate-positions/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers