Sabtu, 02 Juli 2011

Tips Memasang FeedBurner Pada Blog


Memiliki blog yang menarik serta mempunyai artikel yang bikin pengunjung betah di blog kita adalah kebanggan tersendiri buat kita. Buat sebagian yang sedang memaksimal kunjungan blognya, ada baiknya postingan yang kita buat dapat di update setiap hari oleh pengunjung setia kita.
Nah bagaimana supaya para pengunjung blog kita dapat update postingan terbaru dari blog kita? Yang kita butuhkan adalah penyedia layanan pengiriman artikel berlangganan. Nah didunia internet banyak kita temukan penyedia layanan pengiriman artikel berlangganan. Namun kali ini saya akan memakai seperti kebanyakan orang memakainya yaitu Feedburner.com
Dengan menggunakan layanan feedburner kita dapat memantau seberapa banyakorang yang tertarik dengan artikel yang kita buat. Apakah informasi yang kita buat bermanfaat bagi mereka? Jika memang berguna tentu saja mereka akan berlangganan via feedburner dengan mengetikkan email mereka di kotak area. Artikel tersebut akan dikirim via email kalau kita akan punya postingan terbaru.
Nah bagaimana cara kita mendapatkan manfaat dari FeedBurner?
1. Buat sebuah account di google karena feedburner merupakan milik google, jadi kita harus memiliki email di google, jika belum punya account di google klik disini
2. Buka feedburner.com
3. Masukkan email dari google kemudian masukan URL blog Anda, kemudian next



4. Selanjutnya akan ada tampilan url untuk blog yang kita daftarkan seperti berikut ini, kemudian klik next
5.Proses burner feed anda sukses (lihat gambar)

6. Klik Publicize, lalu klik Email Subscriptions dan Klik Active 
7. Kemudian akan muncul kode-kode html, copy kode-kode tersebut.
Anda dapat memakai kode sesuai tampilan jika memakai form pilih Subscription Form Code, sedangkan jika anda hanya menggunakan link text saja pilih Subscription Link Code. Nah karena blogdetik tidak support Javascript, maka ada cara buat menampilkan Form Subscriber dengan Headline Animator.
Kalau mau lihat contohnya bisa lihat di blog ini, bagaimana menurut anda ? Langsung aja kita praktekan. Pada menu Publicise kita klik Headline Animator. Dan ikuti langkah dibawah ini :
1. Customize Your Headline Animator
Silahkan anda atur sendiri jenis Theme sesuai keinginan anda, ada beberapa pilihan ukuran disana. Kalau disini saya pakai ukuran 234X60 WhiteLalu ikuti saja petunjuk di Feedburner.
2. Klik Active lalu klik SAVE, dan Headline Animator anda sudah jadi.
3. Add to MySpace, TypePad, etc, silahkan pilih Wordpresss Blog, dan akan muncul jendela baru. Disana akan ada kode HTML yang anda akan pasang pada blog anda.
4. Masukan Kode HTML ke Blog kita, nah langkah selanjutnya memasukan kodeHTML tersebut di blog kita. Adapun cara memasang widget tersebut bisa dibaca disini
5. Selesai,
Adapun cara mau berlangganan artikel terbaru dari blog kita adalah dengan cara meng-klik Headline Animator tersebut, dan akan muncul jendela baru. Silahkan KlikGet Belajar Dengan Menulis delivered by email, anda akan diminta untuk memasukan email anda dan artikel terbaru kita akan diterima oleh teman atau pengunjung setia anda.
Lalu bagaimana anda mengetahui jumlah orang yang telah berlangganan artikel kita? Nah caranya adalah memasang widget Chicklet FeedCount, langsung aja nih, dari menu Publicize kita pilih FeedCount, lalu silahkan pilih Chicklet style, ada dua pilihan yaitu static atau Animated, lalu klik GO dan tekan tombol Active untuk mengaktifkan widget tersebut. COPAS kode HTML nya dan taruh diblog kita, kalau sudah jadi maka akan seperti ini :

Dengan kita Memasang FeedBurner Pada Blog, maka teman atau pengunjung blogkita akan terus mengupdate artikel terbaru kita, sangat berguna juga kalau kita jarangblogwalking keteman kita dan mau terus update blog teman kita tersebut. Jika ada artikel terbaru dari teman kita, kita hanya cukup mendapatkan di email kita, nah langkah selanjutnya adalah mengunjungi balik si penulis artikel tersebut dan terakhir adalah tinggalkan komentar.
Demikian tips blog Memasang FeedBurner Pada Blog kali ini. Jika teman2 mau update artikel terbaru saya via email, silahkan klik Headline Animator saya dan masukan email anda. Semoga Bermanfaat.

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers